Olimpiade Vokasi Indonesia 2023

Olimpiade Vokasi Indonesia 2023

TENTANG OLIVIA

Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) sebagai wadah forum pendidikan tinggi khusus bidang ilmu terapan atau vokasi yang memiliki agenda rutin tahunan berupa kompetisi ilmiah mahasiswa antar perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk membangun semangat kompetitif antara mahasiswa vokasi se-Indonesia, dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip kompetisi, seperti sportivitas, profesionalitas, dan transparansi. Kompetisi tersebut dinamai dengan Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA).

OLIVIA pertama kali diselenggarakan pada tahun 2016 di Universitas Indonesia. Pada tahun berikutnya, yaitu 2017, OLIVIA diselenggarakan di Institut Pertanian Bogor. Pada tahun 2018, kompetisi OLIVIA kembali diselenggarakan di Universitas Airlangga. Pada tahun 2019, OLIVIA diselenggarakan di Universitas Diponegoro. Pada tahun 2020, OLIVIA diselenggarakan di Institut Teknologi Sepuluh November. Pada tahun 2021, OLIVIA diselenggarakan di Universitas Halu Oleo Kendari. Sementara pada tahun 2022, OLIVIA diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta. Pada tahun 2023 ini, Universitas Sebelas Maret mendapatkan kepercayaan sebagai penyelenggara kegiatan rutin tahunan tersebut. OLIVIA ke-8 Tahun 2023 ini mengusung tema “Pendidikan Vokasi & Penguasaan Artificial Intelligence untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan & Energi”. Tema ini diusung oleh Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret sebagai tuan rumah penyelenggara kompetensi di tahun ke-8 OLIVIA dilaksanakan. Tema ini didasari oleh Pendidikan vokasi dalam menunjang penguasaan keahlian terapan tertentu diantaranya: 

  1. Ketahanan Pangan, 

  2. Ketahanan Energi, 

  3. Artificial intelligence for smart city, smart building, smart manufacturing, smart process, smart monitoring. 

Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) ke-8 Tahun 2023 ini melombakan 9 (sembilan) kategori lomba, diantaranya: 1) Kategori Desain Web, 2) Kategori Inovasi Produk, 3) Kategori Landscpae Agriculture Design, 4) Kategori Ekonomi Kreatif Digital, 5) Kategori Inovasi Konstruksi, 6) Kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), 7) Kategori Poster, 8) Kategori Terapan Aplikatif, dan 9) Kategori Video Kreatif. Perguruan Tinggi anggota Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) diharapkan berpartisipasi aktif dalam mengirimkan kontingennya untuk mengikuti berbagai perlombaan ini. Meskipun demikian, kompetisi OLIVIA ini terbuka pula bagi Perguruan Tinggi di luar FPTVI.

 

TENTANG FPTVI

Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) semula bernama Forum Komunikasi Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia dan resmi berdiri pada tanggal 28 Oktober 2014. Forum ini diinisiasi oleh lima universitas penyelenggara pendidikan vokasi, yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Insititut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, dan Universitas Negeri Yogyakarta. Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia diharapkan mampu untuk menjembatani semua ide dan gagasan dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia

Berdasarkan nota kesepakatan hasil lokakarya tentang ”Penegasan Pendidikan Vokasi Sesuai UU No.12 Tahun 2012” tanggal 3 April 2014, bahwa forum ini dibentuk dengan tujuan untuk:

Pendidikan Tinggi Vokasi mempersiapkan generasi muda untuk memiliki pengetahuan, keterampilan dan karakter yang unggul sehingga menjadi tenaga kerja yang siap terjun di dunia industri atau usaha bahkan wiraswastawan. 

Pendidikan Tinggi Vokasi berperan dalam penanganan usia angkatan kerja dan mendidik untuk menjadi tenaga yang terampil, profesional dan memiliki daya saing tinggi. Pendidikan Tinggi Vokasi diharapkan mampu menyelaraskan kebutuhan kompetensi dan kualifikasi lulusannya serta mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi di dunia kerja.

Lulusan dari Perguruan Tinggi Vokasi dituntut untuk dapat memiliki kompetensi sesuai dengan bidang dan level yang dibutuhkan dalam bekerja di industri baik dalam konteks nasional maupun global. Selain itu, lulusan dari Perguruan Tinggi Vokasi juga dituntut dalam peranannya sebagai ”agen pejuang kedaulatan” yang mana memiliki kemampuan entrepreneurial, yakni menjadi ”trend setter” dalam menjawab berbagai tantangan yang dihadapi oleh bangsa. 

 

TENTANG KATEGORI LOMBA

Kegiatan ini merupakan ilmiah mahasiswa se-Indonesia. Adapun kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana kompetisi yang mampu mewadahi kompetensi mahasiswa vokasi yang tergabung dalam Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) maupun Perguruan Tinggi di luar FPTVI. Pada kompetisi OLIVIA ke-8 Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret terdapat 9 (sembilan) kategori dan 18 (delapan belas) jenis perlombaan. Berikut ini kategori dan jenis lomba OLIVIA ke-8, meliputi:

  1. Kategori Desain Web 

    • Sistem Cerdas (Smart System)

    Lomba Smart System diperuntukkan bagi mahasiswa vokasi seluruh Indonesia. Peserta berkompetisi dalam bentuk tim dengan anggota maksimal 4 orang. Tema dalam lomba Smart System adalah “Masa Depan Berkelanjutan melalui AI: Menguatkan Ketahanan Pangan dan Energi.” Adapun tantangan dalam kompetisi ini adalah bagaimana penerapan Artificial Intelligence dalam menyelesaikan permasalahan ketahanan pangan dan Energi melalui media Website, Mobile Apps, atau Internet Of Things

  2. Kategori Inovasi Produk

    • Formulasi Pakan Ternak.

    Formulasi Pakan Ternak menekankan pada empat faktor yakni nutrisi bahan pakan, kebutuhan nutrisi ternak, batasan masing-masing bahan pakan, dan harga bahan pakan. Luaran yang diharapkan dari formulasi pakan yakni ketepatan (presisi) / kedekatan hasil formulasi sesuai dengan kebutuhan nutrisi ternak. Lomba terbagi menjadi dua babak yakni babak penyisihan (formulasi pakan ruminansia) dan final (formulasi pakan unggas). Lomba diikuti oleh seluruh mahasiswa Diploma Peternakan / Budi Daya Ternak seluruh Indonesia.

  3. Kategori Landscape Agriculture Design

    • Landscape Agriculture Design

    Ketrampilan mahasiswa yang mendalami Landscape Gardening dan atau peminatan di bidang ini akan mendapat ajang untuk pembuktian ketrampilan dalam Lomba Landscape Agriculture Design. Mahasiswa diharapkan memiliki ketrampilan dasar dalam melaksanakan pembuatan dan memelihara taman di area landscape sederhana. Melaksanakan arahan dalam melaksanakan proyek dan bisa menginterpretasi sesuai dengan tema disebut softskill. Seorang Landscape Gardener harus mampu mengembangkan konsep yang inovatif dan kreatif dan sesuai peraturan perencanaan agar membentuk taman yang dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya sesuai dengan tema Smart Sustainable Urban Garden. Landscape Gardener harus dapat melakukan mulai dari perencanaan, pemeliharaan dan terlibat pada tahapan proyek proses pelaksanaan. Pengetahuan dan kompetensi tentang detail hardcape dan softscape sangat diperlukan termasuk pengetahuan tentang tanaman kaitannya dengan melaksanakan perawatan dan pekerjaan landscape. Landcape Gardener harus memahami dampak material hardscape dan softscape terhadap lingkungan berkenaan dengan sustainability, dampak terhadap lingkungan dan kehidupan liar termasuk habitatnya. Peran Landscape Gardener masih banyak dibutuhkan dan memiliki kesempatan yang luas untuk turut berpartisipasi dan bijak terhadap sumber daya alam serta menjaga lingkungan yang sehat dengan tidak melupakan kearifan lokal. Taman dan bentang alam meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang ujungnya ialah membuat sehat masyarakat karena berdekatan dengan alam terbukti dapat memberikan relaksasi, sehat dan sejahtera.

  4. Kategori Ekonomi Kreatif Digital

    • Local Foodpreneur

    Merupakan business plan competion (kompetisi rencana bisnis) yang diselenggarakan untuk mengasah dan menampung inovasi dan kreativitas mahasiswa vokasi Indonesia dalam bidang kewirausahaan pangan lokal.

    • International Trade and Business Challenge

    Lomba "International Trade and Business Challenge" adalah sebuah kompetisi yang dirancang untuk menguji pengetahuan, keterampilan, dan kreativitas peserta dalam menghadapi tantangan-tantangan dalam perdagangan internasional dan bisnis internasional. Lomba ini bertujuan untuk menginspirasi para peserta untuk memahami lebih dalam tentang dinamika perdagangan global dan berpikir strategis dalam menghadapi situasi bisnis internasional yang kompleks.

  5. Kategori Inovasi Konstruksi

    • Inovasi Konstruksi

    Kompetisi Desain Inovasi Bangunan (Building Design Innovation Competition) adalah sebuah kompetisi yang dirancang untuk mendorong kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam desain arsitektur dan konstruksi bangunan yang nyaman dan berkelanjutan. Tema yang diangkat dalam kompetisi ini adalah Residential Building Innovation Design towards Sustainable and Comfortable House. Tujuan dari kompetisi ini adalah (1) untuk menciptakan solusi-solusi desain yang baru, cerdas, dan berkelanjutan untuk bangunan-bangunan masa depan, (2) Mendorong inovasi dalam desain rumah residensial yang menggabungkan kenyamanan, keberlanjutan, dan efisiensi energi. (3) Memotivasi peserta untuk memikirkan solusi-solusi kreatif dalam merancang rumah yang mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Dalam lomba ini peserta diminta untuk mengumpulkan desain hunian berdasarkan tema tersebut dan menampilkannya dalam visualisasi 2D (gambar desain) dan 3D (audio visual/animasi).

  6. Kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah

    Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) merupakan salah satu rangkaian acara Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret. LKTI diselenggarakan di tingkat nasional yang bertujuan untuk dapat menumbuhkan minat menulis di kalangan mahasiswa. Tema LKTI yang diangkat ialah “Smart Technology”. Tema ini merupakan topik yang dipilih sebagai upaya untuk memberikan wadah bagi mahasiswa agar dapat melatih/mengasah kemampuan analisanya dan mampu menyampaikan inovasi, kreatifitas, dan inisiatif dalam mengembangkan/menghasilkan produk atau rancangan teknik pemanfaatan suatu produk/sistem yang dapat membantu memudahkan sebuah pekerjaan. Smart Technology merupakan sebuah urgensi yang dihadapi dan dibutuhkan masyarakat Indonesia pada saat ini.

    • SAINS TEKNOLOGI : Smart Technology Bidang Sains (Farmasi, Kesehatan, Kimia dan Teknik)

    • SOSHUM dan KEUANGAN : Smart Technology Bidang Sosial Humaniora, Industri Keuangan, Perbankan, Akuntansi dan Perpajakan.

  7. Kategori Poster

    • Literasi Keuangan

    Lomba ini mangajak mahasiswa vokasi mengenal literasi keuangan melalui pembuatan poster yang menarik dan mengedukasi.

    • Information Repackaging

    Kemas ulang informasi (information repackaging) berbentuk Poster (Infografis) bertujuan untuk mendiseminasikan informasi kepada petani terkait praktik pertanian terbaik dan teknologi terkini. Dengan menggunakan infografis ini diharapkan informasi penting akan tersampaikan dengan jelas karena infografis disajikan dengan bahasa sederhana agar mudah dipahami oleh para petani, memungkinkan mereka untuk mengambil langkah-langkah positif dalam mengembangkan usaha pertanian mereka, memanfaatkan teknologi terkini, dan mengelola hasil panen secara lebih efisien. Temanya adalah “Revitalisasi Pertanian: Menuju Hasil Lebih Baik dengan Teknologi Terbaru” Tema ini mengajak para petani untuk menjelajahi dunia praktik pertanian terbaik dan teknologi terkini yang dapat merubah cara mereka berproduksi dan mengelola hasil panen. Infografis ini menyajikan informasi dengan visual yang menarik mengenai:

    1. Praktik Pertanian Unggul

    2. Teknologi Pertanian Canggih

    3. Pengelolaan Hasil Pangan Efektif

    4. Peningkatan Pendapatan Petani

    Keseluruan lomba akan dikakukan secara daring (penyisihan hingga babak final).

  8. Kategori Terapan Aplikatif

    • Penyusunan Laporan keuangan Berbasis SAK-ETAP Menggunakan Accurate Application

    Lomba ini akan menguji wawasan mahasiswa D3 seluruh Indonesia, perihal penyusunan Laporan Keuangan berbasis SAK-ETAP. Tidak hanya wawasan, keterampilan menggunakan aplikasi keuangan yang terkait dan kemampuan analisis laporan keuangan juga akan diuji disini.
    Lomba ini terdiri dari 2 babak
    Babak Penyisihan : Penyusunan Laporan Keuangan dengan Microsoft Excell
    Babak Final : Penyusunan Laporan Keuangan dengan aplikasi ACCURATE dan analisis laporan keuangan

    • Mechanical Design

    Lomba Mechanical Design OLIVIA merupakan ajang kompetisi kompetensi menggambar desain mekanik mesin berbasis CAD (Computer Aided Design) diperuntukkan bagi mahasiswa teknik mesin dari Perguruan Tinggi Vokasi. Peserta lomba akan merancang sebuah desain teknik dengan bahasa teknik menggunakan software Solid Work untuk menjawab soal atau kasus yang diberikan panitia. Lomba ini memberi tantangan bagi mahasiswa dalam menunjukkan kemahiran dan kecepatan dalam mengoperasikan software CAD untuk merancang design teknik yang diharapkan. Design yang tepat sesuai dengan waktu yang diperuntukkan layak keluar menjadi juara.

  9. Kategori Video Kreatif. (Video Iklan Layanan Masyarakat, Video Feature Documenter, Video Dubbing Bahasa Mandarin, Video Toolbox Meeting, Film Animasi Pendek, dan Video Subtitling Competition)

    • Video Iklan Layanan Masyarakat

    Video tentang iklan kesehatan masyarakat yang mengangkat tema penguatan ketahanan pangan sebagai upaya pencegahan stunting. Video yang dikirimkan memiliki syarat diantaranya memiliki resolusi tinggi, memiliki ukuran maks 100 mb, menampilkan logo olivia dan memiliki durasi 1 - 3 menit. Lomba video ini terdiri atas babak penyisihan dimana diambil 10 video terbaik untuk diupload ke youtube olivia, selanjut akan diambil 3 pemenang juara 1,2, dan 3 serta terdapat juara favorit yang akan dilihat berdasarkan respon masyarakat berupa jumlah komen, share, dan like

    • Video Feature Documenter

    Lomba kategori Video Feature/Dokumenter OLIVIA 2023 adalah sebuah ajang kompetisi yang bertujuan untuk menemukan dan memberikan apresiasi pada generasi muda berbakat di bidang feature/dokumenter di kalangan mahasiswa vokasi seluruh Indonesia. Kompetisi ini membuka kesempatan bagi para mahasiswa vokasi di seluruh Indonesia untuk mengeksplorasi, mendokumentasikan, dan bercerita tentang isu-isu yang berkaitan dengan tema utama OLIVIA 2023 yaitu “Pendidikan Vokasi & Penguasaan Artificial Intelegence untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan & Energi” yang dapat dilihat dari sudut pandang sosial, pariwisata atau teknologi di sekitar mereka. Dengan adanya lomba ini diharapkan mampu mendorong generasi muda untuk lebih peka dan kritis terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat, serta mendorong mereka untuk berkontribusi pada perkembangan tayangan feature ataupun film dokumenter di Indonesia.

    • Video Dubbing Bahasa Mandarin

    Lomba dubbing video bahasa Mandarin OLIVIA 2023 merupakan kategori lomba individu untuk mahasiswa Indonesia aktif, bahasa yang digunakan pada saat dubbing adalah bahasa Mandarin. Lomba ini terdiri dari dua babak, yaitu babak audisi yang dilaksanakan secara daring dan babak final yang dilaksanakan secara luring.

    • Video Toolbox Meeting

    Sebuah lomba dalam bentuk video toolbox meeting yang bertujuan untuk membahas dan mengingatkan potensi bahaya, regulasi, prosedur cara penghematan energi yang digunakan.

    • Film Animasi Pendek

    Lomba vokasi film animasi pendek adalah kompetisi yang biasanya diadakan untuk mengumpulkan bakat-bakat di bidang animasi pendek, terutama di kalangan siswa atau mahasiswa di perguruan tinggi atau lembaga vokasi. Lomba semacam ini dapat menjadi platform yang bagus bagi para animator muda untuk memamerkan kreativitas mereka, memperluas jaringan profesional, dan mendapatkan pengakuan atas karya-karya film pendek animasi mereka.

    • Video Subtitling Competition

    Kompetisi pembuatan subtitle terjemahan untuk video dengan konten yang memuat kearifan lokal ke dalam Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Penilaian lomba mencakup kriteria teknis subtitling dan kualitas terjemahan yang mencakup keakuratan, keberterimaan, dan keterbacaan.